Rabu, 23 Januari 2013

Bab : Ibnul Jauzi



Saat membahasa tentang membaca buku, di dalam Shaid al-Khatir Ibnu Jauzi berkata menceritakan dirinya, “Aku tidak pernah kenyang membaca buku. Jika menemukan buku yang belum pernah aku lihat, maka seolah-olah aku mendapatkan harta karun. Aku pernah melihat katalog buku-buku wakaf di madrasah an-Nidhamiyyah yang terdiri dari 6.000 jilid buku. Aku juga melihat katalog buku Abu Hanifah, al-Humaidi, Abdul Wahhab bin Nashir dan yang terakhir Abu Muhammad bin Khasysyab. Aku pernah membaca semua buku tersebut serta buku lainnya. Aku pernah membaca 200.000 jilid buku lebih. Sampai sekarang aku masih terus mencari ilmu.” Kemudian Ibnul Jauzi memaparkan hasil pengkajian ilmunya. [Shaid al-Khatir hal.557]
Ibnul Jauzi rahimahullah juga menasihati orang alim dan pencari ilmu, “Sebaiknya kamu mempunyai tempat khusus di rumahmu untuk menyendiri. Di sana kamu bisa membaca lembaran-lembaran bukumu dan menikmati indahnya petualangan pikiranmu.” [Shaid al-Khatir hal.318]
Sumber: Buku “Gila Baca Ala Ulama”, Ali bin Muhammad al-’Imran, Penerbit Arafah, Hal.54

Tiada ulasan:

Catat Ulasan