Rabu, 29 Ogos 2012

Bab : Syafa'at.


  Membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya.
حَدَّثَنِي الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْحُلْوَانِيُّ، حَدَّثَنَا أَبُو تَوْبَةَ وَهُوَ الرَّبِيعُ بْنُ نَافِعٍ، حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ يَعْنِي ابْنَ سَلَّامٍ، عَنْ زَيْدٍ، أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا سَلَّامٍ، يَقُولُ: حَدَّثَنِي أَبُو أُمَامَةَ الْبَاهِلِيُّ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: " اقْرَءُوا الْقُرْآنَ، فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ.....
Telah menceritakan kepadaku Al-Hasan bin ‘Aliy Al-Hulwaaniy : Telah menceritakan kepada kami Abu Taubah Ar-Rabii’ bin Naafi’ : Telah menceritakan kepada kami Mu’aawiyyah  bin Sallaam, dari Zaid, bahwasannya ia mendengar Abu Sallaam berkata : Telah menceritakan kepadaku Abu Umaamah Al-Baahiliy, ia berkata : Aku pernah mendengar Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat kelak sebagai syafa’at bagi pembacanya....” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 804].


حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّبَرِيُّ، عَنْ عَبْدِ الرَّزَّاقِ، عَنِ الثَّوْرِيِّ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، وَغَيْرِهِ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ يَزِيدَ، قَالَ: قَالَ عَبْدُ اللَّهِ: " الْقُرْآنُ شَافِعٌ مُشَفَّعٌ، وَمَا حَلَّ مُصَدَّقٌ، فَمَنْ جَعَلَهُ إِمَامَهُ قَادَهُ إِلَى الْجَنَّةِ، وَمَنْ جَعَلَهُ خَلْفَهُ سَاقَهُ إِلَى النَّارِ "
Telah menceritakan kepada kami Ishaaq bin Ibraahiim Ad-Dabariy, dari ‘Abdurrazzaaq, dari Ats-Tsauriy, dari Abu Ishaaq dan yang lainnya, dari ‘Abdurrahmaan bin Yaziid (bin Qais An-Nakha’iy), ia berkata : Telah berkata ‘Abdullah (bin Mas’uud) : “Al-Qur’an adalah pemberi syafa'at yang diterima syafa'atnya dan pembela yang dibenarkan. Barangsiapa yang menjadikannya sebagai imam (tuntunan) maka ia akan menuntunnya ke surga, dan barangsiapa yang menjadikannya di belakangnya (diabaikan) maka ia akan menggiringnya ke neraka” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir no. 8655; shahih dengan penguatnya].

Tiada ulasan:

Catat Ulasan